Kamis, 24 Mei 2012

Mengenang Momen Patriotik melalui Upacara 17 Agustus


17 Agustus merupakan hari di mana para pahlawan kita berjuang hingga titik darah penghabisan dan berkorban demi memperjuangkan bangsa Indonesia. Tanggal 17 – 08 – 1945 pada pk. 10.00 WIB akhirnya perjuangan Indonesia telah sampai pada titik puncak saat Ir. Soekarno membacakan teks proklamasi. Saat itu juga, bangsa Indonesia akhirnya terbebas dari penjajah yang telah merajalela di bumi pertiwi ini.

Itu adalah sebuah kilasan singkat di mana para pejuang kita terus berusaha memperjuangkan tanah air Indonesia dengan mempertaruhkan nyawanya dengan segenap jiwa raga. Maka, untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa maupun raganya, setiap tanggal 17 Agustus, sekolah kami selalu mengadakan upacara  bendera.

Untuk mempersiapkan upacara sekali setahun itu, sekolah Damai mengadakan persiapan selama sebulan kepada para petugas upacara bendera.

Beberapa siswa/i yang terpilih untuk menjadi petugas upacara 17-an akan menjalani latihan intensif setelah pulang sekolah. Para senior Paskibra akan melatih junior sebaik mungkin sedangkan para junior akan berlatih hal-hal yang diajarkan senior, antara lain cara berbaris yang benar, berjalan langkah tegak maju, membaca teks proklamasi, serta yang yang terpenting bagaimana mengibarkan bendera dengan benar dan gagah.




Saat latihan
Setelah sebulan berpanas-panasan di bawah terik matahari hingga lancar, tanggal 17 Agustus pun tiba. Semua anggota Paskibra pun sudah siap dan beratribut lengkap. Berkat ketelatenan, kesabaran serta keteguhan, semua anggota Paskibraka pun berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Rasanya kerja keras selama sebulan ini terbayar lunas. Meskipun hanya untuk satu hari, tetapi inilah yang wajib dilakukan para anggota Paskibraka dalam mengenang jasa para pahlawan kita.  Itulah pengalaman teman-teman saya yang menjadi anggota Paskibraka J

Tim Paskibra SMA Damai




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...