Rabu, 23 Mei 2012

Anyer… We’re Partying!

Masa SMA memang masa yang paling indah. Setuju? *Kalau tidak, tidak maksa untuk setuju juga sih* Karena itu, selesai UAN, kita bergerak cepat untuk mengatur acara perpisahan sebelum pengumuman kelulusan. Meskipun kegiatan ini atas prakarsa dari murid-murid, guru-guru pun diundang untuk ikut serta.

Perpisahan diadakan di Anyer dan kita menginap di Resort Casa Krakatoa. Acara ini dilangsungkan dari tanggal 4 – 6 Mei. Selama 3 hari 2 malam ini, banyak pengalaman menarik dan berkesan yang kita alami.

Hari pertama, kita semua berangkat dari pangkalan bus menuju Anyer pada pukul 8.30 pagi. Semua murid tampak excited, apalagi di bus diputar video Super Junior yang baru-baru ini konser di Jakarta.

Kita sampai di Anyer pada pukul 12 siang dan setelah itu makan siang di restoran resort. Selama 2 jam, kita diberi waktu bebas untuk beres-beres serta istirahat. Sebagian besar dari kita memanfaatkan waktu bebas itu untuk berjalan-jalan di area resort ataupun bersantai di kamar.

Resort Casa Krakatoa ini ternyata lumayan luas. Di sini tersedia fasilitas kolam renang serta lapangan voli pantai. Namun untuk akses ke pantai, kita harus berjalan kaki keluar dari area resort dulu karena pantai di sini adalah pantai karang. Untuk tempat tinggal, Cottage yang kita tempati pun lumayan nyaman dan bersih. 1 cottage bertingkat 2 dan bisa menampung sekitar 8 orang. Namun, toiletnya hanya ada 1. Itu saja sih yang kurang…hahaha

Pukul 2 siang, terompet ditiup, tandanya untuk berkumpul. Kita akan bermain games di tepi kolam renang. Teriknya matahari siang membuat kita semua berteduh di bawah gazebo tetapi tidak mengurangi semangat kita untuk bermain games. Gamesnya yaitu tebak gambar. Satu tim yang terdiri dari 8 orang berbaris. 1 orang di paling depan diberikan sebuah kata kunci, lalu ia harus menggambarnya untuk ditunjukkan ke teman di belakangnya. Teman di belakangnya pun akan membuat gambar seperti yang digambar teman di depan. Begitulah seterusnya berantai sampai ke teman di paling ujung yang akan menebak apa kata kuncinya. Mula-mula sih seru, tetapi makin lama makin ngawur. Ada 1 tim yang mendapat kata kunci ‘Shaun the Sheep’, tetapi ujung-ujungnya yang ditebak adalah ‘cupcake’.

Setelah itu, ada 1 games lagi-entah namanya apa. Setiap orang dalam 1 tim memegang seutas tali dan nantinya tali itu akan dikumpulkan di tengah. Lalu, setiap orang akan mengambil 1 ujung tali, entah tali siapapun itu. Nah, jadinya setiap orang akan memegang talinya sendiri serta memegang ujung tali orang lain-kecuali yang hoki mengambil ujung talinya sendiri. Bagaimana selanjutnya? Kita harus membuat agar setiap orang memegang ujung talinya sendiri. Mau tahu berapa tim yang menang dalam games ini? Nihil! =P

Setelah bermain games, kita diberi waktu bebas lagi sampai waktunya makan malam. Ada teman yang berenang, ada yang bermain sepakbola, ada yang berjalan-jalan, ada juga yang bersantai di cottage. Saat itu, rasanya waktu berlalu lama sekali…hahaha

Boys go to swim!
Setelah puas menghabiskan waktu di cottage, waktu makan malam akhirnya tiba juga. Makan malam di sini ala prasmanan, tetapi tersedia meja makan untuk kita. Sehabis makan malam, kita pun akan melangsungkan games lagi.

Games kali ini rada mirip dengan games saat siang tadi. Gamesnya yaitu kalimat berantai dalam bahasa Inggris. 1 teman di paling depan akan diberikan sebuah kalimat. Lalu, ia harus menyampaikan ke temannya. Begitulah berantai sampai teman di paling belakang yang nantinya akan menuliskan kalimat itu. Tidak ada yang berhasil menebak dengan sempurna sih, tetapi paling tidak poinnya diambil dari berapa kata yang berhasil tersampaikan.

Setelah games tadi, ada 1 games lagi. Yang ini sedikit mendingan karena yang berpartisipasi hanya 2 anak dari setiap tim. Setiap orang yang bermain games ini akan ditempeli ‘post it’-notes yang biasa ditempel- di sekujur tubuhnya. Nanti, begitu musik dimulai, setiap orang harus melepaskan semua ‘post it’-nya tetapi tidak boleh menggunakan tangan atau menggesekkan ke benda lain. Poin dihitung dari ‘post it’ yang paling sedikit tersisa sampai musik selesai. Games ini agak jahat sih, soalnya teman yang bermain bersusah payah sedangkan yang lainnya menertawakan =P

Setelah selesai games pukul 9 malam, waktunya bagi kita untuk tidur. Tetapi karena ini adalah perpisahan, banyak yang masih bermain-main dulu baru tidur. Gak mau rugi!

Keesokan harinya, acara dimulai dengan makan pagi pada pukul 7. Setelah itu, kita bermain games di pinggir kolam renang lagi, tetapi kali ini gamesnya basah-basahan. Ini dia yang seru!

Game pertama, kita bermain tebak benda. Setiap tim diberikan sebuah kata benda dan nantinya kita harus membentuk formasi sesuai dengan benda yang dimaksud. Nantinya, seorang anggota tim akan menebak bendanya. Bagi tim yang anggotanya gagal menebak, dihadiahi siraman air dari tim lawan. Bagi yang berhasil, timnya selamat dari “hujan”. Meskipun aturannya begini, tetap saja kita semua bermain siram-siraman tanpa peduli tim lawan berhasil atau tidak…hahaha

Game kedua, ini baru beneran basah-basahan. Salah seorang dari tim akan diborgol tangannya di pegangan kolam renang. Lalu, rekan-rekan setimnya akan berusaha mencari koin di kolam renang hingga jumlahnya mencapai Rp 1000,-. Aturannya, mencari koinnya hanya boleh sekali menyelam. kalau sudah menyelam, dapat atau tidak harus tetap kembali. Tim yang berhasil, ‘sandera’-nya akan segera dibebaskan. Yang gagal? Dibiarkan sampai malam =P *Kidding*

Pool Party
Setelah basah-basahan di kolam renang, saatnya untuk basah-basahan yang lebih heboh di pantai! Panasnya hari tidak membuat kita urung untuk menikmati kencangnya deburan ombak serta kasarnya pasir pantai. Berenang di pantai, bermain pasir, mengubur guru di pasir sampai berfoto-foto ria sudah kita lakukan. Namun, ada 1 yang paling ditunggu-tunggu. Banana boat!

Ternyata untuk bermain banana boat, kita harus menunggu agak lama. Meskipun begitu, penantian itu tidak sia-sia. Dengan tarif 20rb/orang (yang naik banana boat 6 orang), kita sudah bisa menikmati wahana ini. Ada 2 pilihan yang ditawarkan, mau dijatuhkan atau tidak. Karena mau memacu adrenalin, kita semua memilih dijatuhkan. Lumayan seru, kita mengitari laut, tiba-tiba perahu berhenti lalu menikung tajam dan… Blep-blep!

Setelah bermain-main di air, kita makan siang di pantai. Setelah makan siang, sebagian besar dari kita kembali ke cottage, ada juga yang masih bermain-main air. Namun saat sudah pukul 2 siang, semuanya sudah kembali untuk mandi lalu beristirahat.

Sore hari pukul 5, kita dipanggil untuk foto bersama di pantai. Saat itu sunset, jadi itu momen yang sangat pas untuk berfoto ria. Setelah itu, pukul 6, kita semua makan malam.

Sunset indah di Anyer
Foto-foto ^^v
Waktu menunjukkan pukul 9 malam dan waktunya untuk acara puncak, api unggun. Kita semua berkumpul di lapangan voli lalu tak lama api unggun pun dimulai. Pertama-tama, acara api unggun dibuka dengan pertunjukan dari masing-masing tim yang sudah dipersiapkan sejak kemarin. Ada yang menyanyi, ada yang beriklan, ada juga yang berparodi.

Setelah seru-seruan, acara yang tak kalah penting yaitu pemberian hadiah kepada guru-guru yang hadir. (Cuma 3 orang sih =P) Kemudian, seorang teman kita membacakan sebuah puisi untuk guru. Suasana hening. Lalu, kita pun menyanyikan Hymne Guru dan lagu-lagu lainnya bersama-sama.

Guru-guru yang ikut (Pak Barnabas, Bu Merry dan Pak Koban)
Pukul setengah 11, acara api unggun selesai. Kita pun menikmati jagung bakar dan kembali ke kamar. Tak terasa, keesokan harinya kita sudah akan pulang. Rasanya waktu cepat sekali berlalu ya…

Hari ketiga, acara sarapan agak telat karena banyak yang bangun telat juga. Setelah sarapan, kita semua bersiap untuk packing.

Agak siang, sehabis memasukkan tas ke dalam bus, kita semua berkumpul di restoran untuk pengumuman hasil voting yang sebelumnya sudah dilaksanakan di sekolah. Kemudian, kita makan siang lalu pulang ke Jakarta.

3 tahun berlalu, 3 hari 2 malam ini sudah terlewati. Biarpun masa SMA kita sudah berakhir dan kita akan menempuh jalan yang berlainan, semoga saja persahabatan yang sudah terjalin ini tidak pupus dan kita masih bisa reunian di masa mendatang. Love Angkatan XIX SMA DAMAI J